Senin, 06 Juni 2011

Bolu Gulung Toffee Mini By Reni Jujun

Walaupun kata Mb Reni  cuman menghabiskan bahan sisa tapi rasanya pasti enak :)


Dear Mods dan Temans,

Bolgul ini dibuat demi menghabiskan bahan2 yang tersisa, yaitu kuning telur dan toffee.  Kuning telur tersisa dari pembuatan otak2 tahu. Memang hanya 6, sih. Tapi cukup untuk ukuran loyang yang saya punya.
Toffee yang merupakan 'hard' karamel, waktu itu sy buat dari 1 kaleng susu kental manis yang dipresto untuk sy pakai sebanyak beberapa sdm di resep Oreo Banofee PIe.. Kebetulan sekali ada Bolgul Week, sehingga bahan2 tersebut bisa saya gunakan dengan hasil yang tentu saja enaaaak..
Resep 
Resep bolgul saya ambil dari blog mba Vin Wong. Sebelumnya saya sudah 2x mencoba resep tersebut dan alhamdulillah selalu berhasil berikut batiknya, serta cocok dengan ukuran loyang yang saya punya, yaitu 25x22x2 cm, meskipun ukuran bolgulnya pun jadi ikutan mini. Untuk motifnya, berhubung sedang ingin yang praktis2 saja, maka saya buat totol2 alias polkadot. Ceritanya bisa diliat juga di blog saya. 




Bolu Gulung Toffee Mini
Resep versi saya sebagai berikut: (saya pakai loyang uk. 25x22x2 cm)


6 kuning telur
1 putih telur
50g gula pasir
63g margarin, lelehkan
30g terigu protein sedang
5g maizena
10g almond bubuk
5g susu bubuk

1/4 sdt pasta coklat


Isi: Toffee


Bahan Toffee:

1 kaleng susu kental manis

susu cair 

Cara:
1. Lepas kertas pembungkus SKM. Masukkan  SKM beserta kalengnya ke dalam rak pengukus di dalam presto yang sudah diisi air secukupnya. Tutup presto dan masak selama 1 jam. Bila sudah waktunya, diamkan dulu hingga dingin, baru dibuka. Bisa juga direbus dengan panci biasa selama 2-3 jam.
2. Setelah dibuka, cairkan toffee dengan susu cair untuk mendapatkan konsistensi yang diinginkan. Untuk isian bolu gulung, saya hanya memakai 3 sdm toffee, baru kemudian diencerkan dengan susu cair. 

Cara: Bolu Gulung
1. kocok telur dan gula pasir sampai mengembang dan kental
2. masukkan terigu, maizena dan susu bubuk. aduk rata
3. ambil 1,5 sdm adonan, campur dengan pasta coklat
4. masukkan lelehan margarin ke sisa adonan. aduk rata. masukkan ke dalam plastik segituga
5. tuang ke dalam loyang 20x20x4 (sy pakai 25x22x2cm) yang dioles margarin dan dialas kertas roti. lalu semprot miring adonan coklat memanjang. buat motif dengan menggunakan tusuk gigi dengan cara saling tarik berlawanan. (untuk motif, saya buat polkadot saja)
6. panggang selama 15 menit dengan suhu 190 derajat C
7. dinginkan kue, oles toffee, agak banyak di salah satu sisi. gulung dan padatkan

Salam,

-- 
Reni Jujun
(http://dapurjujun.blogspot.com/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar