Minggu, 26 Juni 2011

Bolu Gulung Abon Sapi Kremes By Indah

Hollaaa Nyonya Glung1 dan 2,
Mau Ikutan ah NCC - Bolgul Week.  Anggota NCC di Irian Jaya pun pingin ikut serta...hehe..Tadinya sih pingin buat Bolu Gulung yang komplit ada kuning telur, margarine/mentega serta filling yang manis tapi di rumah lagi banyak stock putih telur. Jadilah kepikiran bikin bolu gulung dari putih telur. Eeh dapet dari kliping resep majalah Femina..judul resepnya bolu gulung abon sapi.. Yaa bolu gulung sehat deh..dari putih telur saja dan tanpa margarine/mentega.. Jadilah Bolu Gulung Abon Sapi plus kremes dari Ayam kremes (kebetulan stock kremesanayam juga banyak). Dan sensasi roti abon breadtalkpun terasa di bolu gulung ini (hihi maksa.com..)

Resep sbb :


Bolu Gulung Abon Sapi (aku tambah kremes)

Bahan : 200 ml putih telur
             Cream Tartar (ku ga pakai)
             50 gr gula pasir
             35 gr Terigu untuk kue kering(aku pakai kunci biru aja)
             15 gr Maizena
             1/2 sdm icing sugar (gula halus yang rasanya ada semriwingnya  - biasanya buat gula donat)

Bahan olesan :-  Mayonaise, Abon sapi,
                      - 1/4 sdt paprika bubuk (aku ga pakai) gantinya pakai irisan daun bawang, kremesan dari Ayam Kremes (kalau mau pedes plus sambal botolan),

Cara : - Kocok putih telur sampai kaku, setelah itu tuangkan sedikit demi sedikit campuran terigu dan maizena sambil aduk balik

         - Tuangkan kedalam loyang yang telah dialasi kertas roti dan olesan tipis margarine dan telah ditaburi sedikit terigu
         - Masukkan ke dalam oven yang telah dipanasi terlebih dahulu. Suhu oven 200 derajat celsius
         - Panggang 10 menit saja

Penyelesaian : - Setelah matang (dlm waktu 10 menit) segera bolu lepas dari loyang. Letakkan di atas kertas roti yang telah ditaburi icing sugar. Gulung dan padatkan.
                      - Setelah dingin, dibuka kembali gulungannya dan isi dengan bahan olesan. Kemudian gulung lagi  dan bagian luarpun diolesi lagi dan ditaburi abon lagi. Aku campur lagi mayonaisenya  dengan thousand islandnya untuk salad dressing. Rasanya jadi segar..

Note : Resep ini bagi aku masih kerasa putih telurnya (sebelum dikasih olesan mayonaise dan salad dressing). Jadi sebelum panggang mungkin bisa diberikan perasan jeruk lemok/nipis atau essence jeruk untuk mengurangi rasa telurnya.


Semoga suka..


Salam
Indah
rumahsatya.blogspot.com
                     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar