Kamis, 09 Juni 2011

BolGul spicy tuna kukus By Dewi Upet

Walaupun nekad tapi berhasil dengan baik kok mbak....
--------------------------------------------------------

Dear All NCCer N host bolgul week, aku mau laporan sekalian sharing ...

Akhirnya aku memberanikan diri juga melapor dan ikutan BOLGUL WEEK ini ... hik, maklum pemulah (pake h).
secara belajar baking juga awalnya karena seneng beli2 buku masak, sampai akhirnya ikutan kursus cake dasar NCC di Toko Loyang kebetulan waktu itu diajar sama Ibu Anti, hehehe makasih ya ibu ilmunya ... semoga ga lupa nih cara ngegulungnya.

dari resepnya banyak yang aku modif (sok Pede banget berani rubah2 hahaha ...) , abis di resep telornya banyak, trus liat resepnya Ibu fat bisa tuh pakai 4 telur aja, ya sutra ku tanya om google, ga nemu juga yang kayanya wokeh, ya udah nekat aja deh bolunya kapai resep lain dari buku yang sama dan isiannya ngarang dot com. karena kebetulan punya TUNA kalengan, dan yang menumis tunanya bapaknya anak2, soalnya dia hobby banget numis2, kalo aku takut nano2 rasanya hehehe.

Ini ya resepnya ...

BOLU GULUNG SPICY TUNA KUKUS

Bahan A =
6 btr       kuning telur
5 btr       putih telur
50 gr      gula pasir
1 sdt      cake emulsifier
Bahan B =
100 gr    tepung terigu protein sedang
20 gr      susu bubuk full cream
Bahan C =
100 gr   margarine Cair
Bahan D =
Tuna Kalengan (aku pilih yang based Oil dan Pedas)
Keju Parut secukupnya
sejumput Basil kering

Cara membuatnya:
1.       Tumis Tuna Kalengan tambahkan garam plus plus sesuai selera aja (aku tidak tambah apa2 karena mau tambah keju, tapi di kaleng itu ada 3 lembar cabay merah dan di haluskan waktu aduk tumisan oleh si ayah)
2.       Parut keju secukupnya, sesuai selera lah.
3.       Kocok bahan A hingga kental, masukkan bahan B aduk rata, tuangi bahan C aduk rata (aku masukkin bahan C sambil nyoba pakai ala ala chef Farah). jgn lupa masukkin Basil nya juga ditahap ini.
3.       Tuang adonan kuning kedalam loyang 30x30x4cm
4.       Kukus dalam dandang yg sudah beruap banyak selama 20 menit. Angkat.
5.       Hangat hangat, balik diatas kertas roti. Poles dengan Spicy Tuna + keju parut, gulung dan kencangkan
Berhubung rasanya pedas2 gimanaaaa gethoo, dan masih ada sisa 6 potong, pagi ini ku bawa ke kantor, senangnya temen2 pada suka, pas katanya, sampai Bos juga nyobain, tapi salah target, dia bilang "saya ga suka ikan ... tapi ini enak loh ternyata, kalo nyicip ga boleh dua yaa ???" ... jiaaaaaaah ...
tapi selain ada pujian, aku juga nyari kekurangan tetep, dan ada juga yang bilang "udah okeh nih, tapi bisa ga kalo bolunya ga usah pakai gula" ... haaaaaa ... apa iya ?
jadi sekalian tanya ah ke para suhu, emang bisa bikin bolu ga pakai gula ? maksudnya apa telurnya bisa mengembang kalau dikocok tanpa gula ???
hihihiii ini mo laporan apa mo nanya ...

Salam BoluGulung
Dewi Upet
http://denaracreations.blogspot.com/
http://dewiupets.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar