Minggu, 12 Juni 2011

Nougat Roll Tart By Wina Amir

Nougat...... hmmm kebayang enaknya, semakin cantik dengan topping almond slice :)
---------------------------------------------------------
Selamat pagi semua.....
Selamat pagi Nyonyah Gulung 1&2, daripada melamun aku juga ikutan meramaikan Bolgul Week aaaahh...

Resep diambil dr majalah Sedap Sekejap jadul tahun 2003. Tapi pas baca resepnya ragu-ragu karena tidak menggunakan mentega ataupun minyak sebagai bahan cairnya. Hampir ga jadi tapi penasaran, akhirnya jadi dicoba deh.....hehehehe.... Alhamdulillah bolgulnya sukses, rasanya lembut, moist dan ga seret walau ga ada bahan cairnya.

Untuk bahan coklat bubuk di resep 30gr, aku pake 15 gr saja, supaya cocok di lidah anak-anakku.

Dan untuk filling ga pake yg di resep, jadi memanfaatkan stok ganache aja sebanyak 125gr + 2sdm selai kacang creamy lalu diaduk rata. Sisa filling dioles ke permukaan bolgul lalu dipotong dan ditempelin almond.

Masih kurang puas sm hasilnya, kayaknya menggulungnya terlalu semangat, karena ingin hasil gulungan yang rapat malah akhirnya permukaannya jd agak mengkerut hehehe......

Berikut resep aslinya.


Nougat Roll Tart
Source : Sedap Sekejap Edisi 2/IV/2003

Bahan A :
6 kuning telur
35 gr gula pasir
25 gr selai kacang creamy
30 gr coklat bubuk
15 gr tepung terigu

Bahan B :
6 putih telur
80 gr gula pasir
1/2 sdt cream of tartar

Bahan isi :
200 gr milk coating chocolate
90 ml krim kental

Bahan topping :
75 gr kacang tanah kupas sangrai, dicincang kasar
1 sdm gula pasir

Cara membuat :
1. Bahan A : kocok telur dan gula pasir sampai kental, masukkan selai kacang. Aduk rata. Masukkan coklat bubuk dan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata.

2. Kocok bahan B hingga kaku lalu tuang ke dalam bahan A, aduk perlahan. Tuang adonan ke dalam loyang 26x26x3cm yg dioles margarin dan dialas kertas roti. Oven selama 20 menit dengan suhu 180 derajat celcius.

3. Buat isi, panaskan krim kental, masukkan milk coating chocolate lalu aduk sampai leleh, angkat. Masukkan dalam freezer selama 15 menit. Angkat lalu kocok hingga lembut.

4. Oles permukaan kue dengan bahan isi, gulung dan padatkan. Oles juga permukaan luar kue dengan sisa isi, taburkan kacang dan gula pasir. Diamkan dalam lemari es selama 1 jam sebelum dipotong-potong.

Makasih ya nyonyah-nyonyah gulung......hehehe.....

Regards,
Wina Amir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar