Sabtu, 02 Juli 2011

Bolu Gulung Ekonomis By Dessy Natalia

Hallo Nyonya bolgul 1 & 2 dan NCC-ers
Mau ikutan memeriahkan bolgul week di detik-detik H-1 sekaligus laporan hasil perjuangan baking bolgul. Sekali lagi seperti Mba Ina yang pakai resepnya Mba Ricke Indriani. Ini hasil yang saya buat barusan ternyata sukses menggulung bolgul yang lumayan lentur. Cuma ada sedikit kulit yang nempel di baking paper itupun karena baking papernya “lungset” jadi agak ketarik dikit pas ngelepas kertasnya. Tapi overall ok bangetlah buat pemula seperti aku. Oya resepnya plek cuma aku tambahin poppy seed saja dan menyesuaikan ukuran resep dengan loyang yang aku punya yaitu 24x24x4 cm. Thanks buat Mba Ricke yang sudah share resepnya :



BOLU GULUNG EKONOMIS
sumber : ricke indriani

Bahan :
6 butir telur ---- aku 4 butir
90 gr gula pasir halus ----- aku 60 gr
1 sdm cake emulsifier ---- aku ¾ sm
70 gr terigu protein sedang ---- aku 47 gr
10 gr maizena ---- aku 7 gr
10 gr susu bubuk ---- aku 7 gr
1 sdt vanilla essence ---- aku ¾ sdt
125 gr mentega, lelehkan, dinginkan ---- aku 84 gr
4 sdt poppy seed
Pasta coklat black forest secukupnya untuk motif
Keju parut secukupnya
BC secukupnya

Loyang :
1 buah 30x30x4 ---- aku 24x24x4
Atau
2 buah 22x22x4
Cara :
1. Siapkan loyang, olesi dasarnya dengan margarin/minyak loyang, alasi dengan kertas roti/baking paper. Oles lagi dengan margarin/minyak loyang. Sisihkan.
2. Ayak terigu, maizena dan susu bubuk dan campur semua bahan jadi satu kecuali mentega cair. Kocok dengan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang, kental dan putih (cek kekentalan dg mengangkat mixer, adonan akan jatuh perlahan, tidak encer).
3. Masukkan mentega cair, aduk balik dengan spatula karet hingga merata dan homogen (aku pake cara farah queen : lumayan efektif) baru terakhir poppy seed.
4. Tuang ke dalam loyang, ratakan permukaannya. Ambil adonan 3 sm beri pasta coklat dan atur motif di permukaan adonan. Panggang dalam oven yg sudah dipanaskan 200'C (api besar) sampai matang dan permukaan berkulit kecoklatan dan cukup kering bila disentuh. (aku 20 menitan)
5. Keluarkan dari loyang dan dinginkan. Beri filling sesuai selera dan gulung sambil dipadatkan.

Terimakasih

Salam Bolgul,
Dessy Natalia
 

1 komentar: