Minggu, 03 Juli 2011

Bolu Gulung Ketan Item Isi Keju By Bunbun Srie

Assalamualaikum...
selamat malam nyonya-nyonya bolgul member baru banget nih
semoga dimenit-menit terahir ini saya bisa memeriahkan bolgul week kali ini.
setelah sekian lama cuma bisa jadi pengamat akhirnya memberanikan diri ikutan milis NCC. Maklum baru belajar bikin kue. setelah tau kali ini ada bolu gulung week dan liat hasilnya bagus2 banget, penasaran pengen bisa bikin ahirnya tertantang pengen bikin juga. Tadi sore akhirnya saya bikin dengan bahan yang ada dan peralatan seadanya juga, karena gak punya loyang untuk bikin bolu gulung aku pake loyang yang dari oven hock. Alhamdulillah setelah matang akhirnya dengan hati-hati banged saya bisa menggulung dengan hasil lumayan rapi :)


Resepnya saya liat dibalik bungkus ketan hitam dan sedikit saya modifikasi untuk isianya. ini dia penampakan bolu gulung pertama saya ;)


Bahan
5 Butir telur
250 gr tepung ketan hitam
150 gr gula pasir
1 gelas belimbing minyak goreng
1/4 sdt garam
1/4 sdt baking powder
2 sdm mentega
1 mangkok kecil keju parut

cara membuat:
1. alasi loyang dengan kertas roti (klo aku pake kertas wajik, soale diwarung ga ada yg jual kertas roti, alhamdulillah bisa juga)
2. Panaskan oven terlebih dahulu
3. kocok telur, gula pasir, garam, sampai mengembang
4. masukan tepung ketan hitam, baking powder sambil diayak kemudian masukan minyak goreng, aduk dengan spatula secara bergantian sampai tercampur rata.
4. tuang adonan kedalam loyang
5. oven 5-6 menit angkat kemudian balikan kekertas wajik yg baru
6. biarkan dingin lalu beri olesan margarin dan parutan keju
7. gulung dengan perlahan sambil dipadatkan. bungkus dengan  kertas wajik diamkan 30 menit.
8. setelah 30menit buka kertas wajik kemudian potong-potong siap disajikan.


terima kasih semoga berkenan ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar