Jumat, 01 Juli 2011

Bolu Gulung ala Meranti by Dida Rachmadiah

Bismillah..ini kiriman saya yg kedua kalinya setelah menjadi member NCC senengnya bisa ikut berpartisipasi, Nyonya Bolu Gulung 1 dan 2 yang terhormat saya ijin setor..:)

Sudah lama banget ngga makan Bolu gulung Meranti, dulu waktu masih tinggal di Batu sering sekali dapet oleh2 dari temen suami yg sering terbang ke Medan.
Resep ini sudah saya simpan lama aslinya ada disini http://www.cakefever.com/bolu-gulung-ala-meranti/, yang mau coba bikin silahkan..untuk bagian motifnya saya buat motif marble..:)
Bahan A
6 butir kuning telur
5 butir telur utuh
125 gram gula pasir
20 gram susu bubuk
100 gram terigu
1 gram Baking Powder
1 sdm air

Cairkan:
Bahan B
100 gram butter
25 gram margarin
1 sdm vanila bubuk

Bahan isi
Selai Blueberry atau strawberry atau selai lain sesuai selera ( saya pakai Buttercream, dan bagian ujung saya taburkan keju cheddar parut seperti Bolu Meranti )

How-To:

*Panaskan oven 180C. Alasi loyang 28×28 dengan kertas roti, olesi dengan mentega sampai rata.(Saya pakai loyang ukuran 30x30x3cm )

*Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang dan kental berjejak. Masukkan air, kocok lagi. Masukkan campuran terigu, susu dan baking powder, aduk rata sambil diayak. Masukkan Bahan B, aduk pelan / aduk balik sampai rata.

*Tuang ke dalam loyang. Angkat loyang sedikit dari permukaan meja, lalu jatuhkan (jangan terlalu tinggi, nanti malah adonan tumpah. Tujuannya adalah untuk mengeluarkan gelembung yang ada di adonan). Panggang selama 20-30 menit (tergantung oven Anda masing-masing). Untuk motif diatas saya ambil 3 sdm adonan, campur dg 1 sdt pasta coklat, masukkan piping bag dan beri motif marmer dg bantuan tusuk gigi

Warm regard..
Dida Rachmadiah

http://dapurdida.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar